Temuan Asteroid dari Setitik Debu Antariksa Bisa Selamatkan Planet Ini

 

Temuan Asteroid dari Setitik Debu Antariksa Bisa Selamatkan Planet Ini





Nationalgeographic.co.id—Penelitian baru yang dipimpin oleh Universitas Curtin meneliti tentang daya tahan dan usia asteroid kuno yang terbuat dari puing-puing berbatu dan debu. Mereka mengungkapkan temuan signifikan yang dapat berkontribusi untuk berpotensi menyelamatkan planet ini jika ada asteroid yang meluncur ke Bumi.

Tim internasional mempelajari tiga partikel debu kecil yang dikumpulkan dari permukaan tumpukan puing asteroid sepanjang 500 meter, Itokawa, yang dikembalikan ke Bumi oleh wahana Hayabusa 1 Badan Antariksa Jepang.

Hasil studi menunjukkan asteroid Itokawa yang berjarak 2 juta kilometer dari Bumi dan berukuran sekitar Jembatan Pelabuhan Sydney, sulit dihancurkan dan tahan terhadap benturan.

Itokawa, adalah asteroid dekat Bumi yang berbentuk seperti kacang. Sebagian besar terdiri dari mineral olivin dan piroksen, komposisi mineral yang mirip dengan kelas meteorit berbatu yang telah melempari Bumi di masa lalu.


Misi Hayabusa memastikan asteroid itu dan juga memperkirakan bahwa Itokawa merupakan asteroid kontak biner yang terbentuk oleh dua atau lebih asteroid kecil yang saling tarik menarik dan bertabrakan. Gambar dari Hayabusa menunjukkan sedikit sekali kawah, tetapi terdapat permukaan yang kasar dengan beberapa tebing. Tebing tersebut dijelaskan oleh anggota misi sebagai reruntuhan. Hal ini berarti bahwa Itokawa bukanlah sebuah batuan monolit namun lebih sebagai kumpulan reruntuhan yang terbentuk dari pecahan yang berhubungan dalam waktu lama.

Penulis utama Profesor Fred Jourdan, Direktur Fasilitas Isotop Argon Australia Barat, bagian dari John de Laeter Centre dan School of Earth and Planetary Sciences, mengatakan tim juga menemukan Itokawa hampir setua Tata Surya itu sendiri.


"Tidak seperti asteroid monolitik, Itokawa bukan bongkahan batu tunggal, tetapi milik keluarga tumpukan puing yang berarti seluruhnya terbuat dari bongkahan batu dan bebatuan lepas, dengan hampir setengahnya adalah ruang kosong," kata Profesor Jourdan. “Waktu kelangsungan hidup asteroid monolitik seukuran Itokawa diperkirakan hanya beberapa ratus ribu tahun di sabuk asteroid.”

“Tabrakan besar yang menghancurkan asteroid induk monolitik Itokawa dan membentuk Itokawa terjadi setidaknya 4,2 miliar tahun lalu. Waktu kelangsungan hidup yang sangat lama untuk asteroid seukuran Itokawa dikaitkan dengan sifat penyerap goncangan dari material tumpukan puing,” tambah Prof Jourdan. “Singkatnya, kami menemukan bahwa Itokawa seperti bantalan luar angkasa raksasa, dan sangat sulit dihancurkan.”

Tim yang dipimpin Curtin menggunakan dua teknik pelengkap untuk menganalisis tiga partikel debu. Yang pertama disebut Electron Backscattered Diffraction dan dapat mengukur apakah sebuah batu telah dikejutkan oleh tumbukan meteor atau tidak. Metode kedua - penanggalan argon-argon—digunakan untuk menentukan usia dampak asteroid.

Komentar